Burgo, Citarasa Dadar Gulung Kuah Santan Khas Palembang

Seperti budayanya, kuliner Indonesia juga beragam. Kelezatannya memiliki citarasa unik nan menggugah selera. Palembang dengan aneka kulinernya pun menawarkan citarasa yang khas ala “Wong Kito”. Selain Pempek, Tekwan, dan Pindang Patin, kuliner Palembang lainnya yang menyuguhkan citarasa unik adalah Burgo.

Ditilik sepintas dari tampilannya, hidangan bernama Burgo ini terlihat seperti hidangan lontong sayur. Namun potongan-potongan khas ala “rice cake” ini merupakan olahan dari tepung beras yang dibentuk ala dadar gulung. Bentukan dadar gulung ini yang kemudian diiris-iris untuk kemudian dinikmati dengan kuah santan.

Burgo berbahan dasar tepung beras dan tepung sagu yang dibentuk mirip dadar gulung yang kemudian dikukus. Adonan kemudian digulung dan diiiris. Burgo dinikmati dengan kuah kental gurih yang terbuat dari rebusan kaldu ikan gabus atau ikan belida dan santan kelapa.

Burgo-Palembang

Kuah kental burgo berwarna keruh kekuningan karena memakai santan, bumbu bawang serta kunyit dan kemiri. Sebagai pelengkap hidangan, kuah burgo dibubuhi dengan perasan jeruk nipis dan tak lupa juga dengan taburan bawang goreng. Bagi Anda pecinta citarasa pedas, bisa menambahkan sejumput sambal untuk menambah kelezatannya.

Meski tak sepopuler pempek, kelezatan burgo sangat diminati masyarakat Palembang. Burgo Palembang ini dapat disajikan dalam segala kesempatan, namun masyarakat Palembang kerap menikmatinya sebagai menu sarapan pagi. Lembutnya Burgo berpadu dengan gurihnya kuah santan dan kaldu ikan, sangat cocok untuk mendampingi kopi di pagi hari.

burgo

Citarasa dadar gulung kuah santan khas ala Palembang ini memang sangat unik. Pertama mencicipi, mungkin agak terasa aneh, namun cobalah menikmati disuapan-suapan berikutnya, dijamin Anda ketagihan dengan rasanya yang unik. Bagi Anda para petualang rasa, burgo akan menambah khasanah dan cerita citarasa yang tak terlupakan dari tanah Palembang.

Tak perlu jauh-jauh ke Palembang untuk menikmati citarasa khas Burgo. Selain kelezatan Pempek, markas Pempekita di kawasan Tebet Jakarta Selatan hadir untuk memberikan citarasa khas Burgo ala Palembang. Citarasanya tak perlu diragukan, karena Pempekita terkenal dengan suguhan citarasa Palembang yang sangat premium. Tunggu apalagi… yuk mampir ke Markas Kita!