Mie Celor, Kelezatan Spaghetti Ala Palembang

Citarasa kuliner Palembang tak hanya tentang kepopuleran pempek dengan saus cuko-nya, masih banyak citarasa lain warisan nenek moyang asal Sumatera Selatan ini yang patut Anda eksplorasi. Adalah Mie Celor, sajian mie ala Palembang dengan citarasa yang menggugah selera.

Spagheti ala Palembang, begitu petualang kuliner menyebutnya. Nama mie celor sendiri mengacu pada cara pembuatan hidangan khas tersebut, yakni mie yang dimasak dengan cara di celor atau direndam dalam air panas. Mie yang digunakan untuk hidangan ini adalah jenis mie berukuran besar dengan citarasa yang legit. Dalam menu lain, jenis mie tersebut digunakan sebagai bahan utama Mie Aceh atau Mie Udon Jepang.

galeri_001

Kenikmatannya tak hanya terletak dari mie-nya yang legit, saus kental ala kari yang terbuat dari campuran kuah santan dan kaldu udang (atau ebi) memberikan citarasa gurih, manis, pedas nan kaya rempah. Kuah kental yang berwarna kekuningan ini terasa makin nikmat disajikan dalam kondisi panas. Kelezatan kuah inilah yang membedakannya dengan mi celor-mi celor lain. It’s sooo creamy seperti saus chicken alfredo pada sajian spagheti khas Italia.

Untuk topping, lazimnya mie celor disajikan dengan taburan udang, potongan telur rebus, taoge, seledri, daun bawang, dan bawang goreng. Bagi sebagian orang, taburan kucai juga menjadi penambah citarasa. Bagi And ayang suka pedas, rasa mie ini akan semakin lezat dengan sajian sambal sebagai pelengkap.Kudapan satu ini juga kian terasa nikmat jika disantap dengan tambahan kerupuk ikan dan emping.

Bagi masyarakat Palembang, mie celor merupakan salah satu santapan wajib baik untuk sarapan pagi, ataupun hidangan bersantai kala sore hari. Kabar baiknya adalah, Anda tak perlu jauh-jauh terbang ke Palembang untuk menikmati citarasa sphageti khas Palembang ini. Di Jakarta, Pempekita hadir untuk memuaskan hasrat kuliner Anda akan citarasa khas makanan Palembang seperti mie celor ini.

Soal citarasa, tak perlu diragukan lagi. Banyak pengunjung kepincut dengan citarasa lezat mie celor di Markas Pempekita. Sebut saja Marcello, ekspatriat asal Barcelona yang tengah melakoni bisnis di Jakarta ini kepincut dengan citarasa kuliner khas di Pempekita. Ia kerap datang dengan membawa serta teman-teman bisnisnya.

Pempekita

Menurutnya, kenikmatan dari citarasa mie celor Pempekita terletak pada rasa kuah dan aromanya yang khas. “Saya suka sekali dengan kuliner Indonesia, apalagi mie celor khas Palembang disini, rasa kuahnya lezat seperti saus sphageti. Rasanya mantap dan sukses membuat saja jatuh cinta dan berlangganan di sini,” tuturnya.