TEKWAN, SUP BAKSO IKAN ALA BUMI SRIWIJAYA

Tak ada habisnya jika berkicau soal kuliner Palembang. Ragam sajian khas Bumi Sriwijaya yang menggoda selera itu membuat para petualang kuliner Nusantara tak bosan mengeksplore citarasanya. Buat kamu-kamu yang gemar berpetualang citarasa, salah satu kuliner nikmat ala Palembang yang wajib kamu coba adalah Tekwan.

Makanan yang satu ini tidak kalah enaknya dengan makanan-makanan khas Palembang lainnya. Masih sama seperti pempek dan juga model, tekwan juga berbahan dasar ikan, namun dalam pengolahannya adonan ikan tersebut dicampur dengan tepung sagu dan bukannya tepung tapioca seperti dalam pembuatan pempek dan model. Jika dilihat dari cara penyajiannya, Tekwan memiliki kesamaan dengan model baik berbahan ikan dan disajikan dengan kuah kaldu dari udang. Namun yang membedakannya adalah bentuknya dan beberapa tambahan ketika penyajiannya.

Tekwan memiliki bentuk mirip bola-bola bakso seukuran ibu jari dan disajikan dengan kuah kaldu udang dan ditambahkan dengan bihun, potongan daun bawang, seledri dan potongan mentimun. Dan ada beberapa tambahan lagi seperti potongan bengkoang seukuran kelingking dan juga jamur kuping serta ditambahkan juga bunga sedap malam sebagai pelengkap. Untuk bunga sedap malam biasanya sulit ditemukan dan sering diganti dengan bunga dari jantung pisang.

Menelusuri sejarah nama tekwan, ada dua sumber pendapat berbeda. Pertama, tekwan merupakan akronim dari “bekotek samo kawan” yang artinya ialah ngobrol-ngobrol bersama teman. Maksudnya, menyantap makanan ini sambil berbincang dengan teman-teman, rame-rame gitu. Namun ada juga yang berpendapat kalau tekwan ini akronim dari Bahasa Inggris “take one” yang artinya diambil satu-satu.

Secara kasap mata, tekwan memang hampir mirip dengan hidangan bakso bening, namun dengan rasa yang berbeda. Citarasa tekwan nikmat dan segar. Aroma rempah yang ada dikuah dan rasa ikan tengirinya sangat menggugah selera. Bagi para pecinta makanan pedas, hidangan ini akan menjadi sangat lezat dengan menambahkan sambal dengan porsi lebih. Lazimnya, tekwan dijadikan sebagai jajanan bukan sebagai makanan pokok.

Panganan ini cocok dinikmati kapan saja disetiap waktu, kuahnya yang hangat dan gurih dapat pula menemani di waktu santai dikala hujan.

Nah.. kini tak perlu jauh-jauh ke Palembang untuk menikmati citarasa khas Tekwan. Selain kelezatan Pempek, markas Pempekita di kawasan Tebet Jakarta Selatan hadir untuk memberikan citarasa khas sup bakso ikan ala Palembang. Citarasanya tak perlu diragukan, karena Pempekita terkenal dengan suguhan citarasa Palembang yang sangat premium. Tunggu apalagi… yuk mampir ke Markas Kita!